Novak Djokovic Masuk Undian Australian Open, Tapi Masih Terancam Dideportasi

Novak Djokovic dimasukkan dalam undian Australian Open sebagai unggulan teratas pada Kamis (13/1/2022), meskipun pemerintah masih dapat kembali mendeportasi petenis nomor satu dunia itu karena vaksin COVID-19.

 

Pengundian ditunda selama satu jam tanpa penjelasan, bahkan ketika Menteri Imigrasi Alex Hawke mempertimbangkan apakah akan menggunakan kewenangan diskresi untuk membatalkan visa Djokovic karena pengecualian medisnya dari vaksinasi COVID-19.

 

Jika Djokovic tidak dideportasi, dikutip dari Reuters, juara bertahan yang tidak divaksinasi itu akan menghadapi sesama petenis Serbia Miomir Kecmanovic untuk pertandingan pembukaannya yang dijadwalkan pada Senin atau Selasa.

 

Surat kabar Melbourne The Age menyebutkan bahwa Djokovic akan segera mengajukan banding di pengadilan untuk setiap upaya untuk mendeportasinya, dengan keputusan pengadilan yang diharapkan pada Jumat, dan penyelenggara turnamen mempersiapkan rencana darurat pengundian baru untuk berjaga-jaga.

 

Surat kabar tersebut juga melaporkan bahwa sebuah sumber di Partai Liberal Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan bahwa pemerintah "sangat condong" untuk mencabut visa lagi.

 

Djokovic, yang berlatih lagi di Rod Laver Arena pada Kamis, memicu kemarahan publik Australia, menuju ke Melbourne dengan pengecualian medis dari persyaratan bagi pengunjung luar negeri untuk wajib vaksin COVID-19.

 

Setibanya di Australia, otoritas perbatasan Australia memutuskan bahwa pengecualian medis Djokovic tidak sah dan dia ditempatkan di hotel detensi imigrasi bersama para pencari suaka selama beberapa hari.

 

Pengadilan, Senin, mengizinkan Djokovic untuk tinggal dengan alasan bahwa para petugas "tidak masuk akal" selama proses wawancara tujuh jam di tengah malam.

Pemerintah Australia sekarang harus memutuskan apakah akan membiarkan Djokovic bertahan untuk upaya mencetak rekor gelar major ke-21.

 

Featured News

Hasil US Open 2022

Rafael Nadal Mundur Dari Montreal [ROGERS CUP]

Hasil French Open 2022

Wimbledon Larang Petenis Rusia Dan Belarusia Untuk Berpartisipasi

Sabet Kemenangan Pertama Di Clay-Court, Ini Reaksi Emma Raducanu

Stefanos Tsitsipas defeats Alejandro Davidovich Fokina to defend title

Hasil Australia Open 2022: Medvedev Jumpa Rafael Nadal di Final

Ashleigh Barty dan Djokovic Jadi Unggulan Teratas Australian Open

Novak Djokovic Masuk Undian Australian Open, Tapi Masih Terancam Dideportasi